Kapan dan apa sih puasa asyuro itu?

Puasa asyuro atau puasa ke-10 muharram adalah puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan, Anjuran untuk berpuasa di hari ke-10 ini karena pahalanya sangat besar dan dapat menghapus dosa-dosa selama satu tahun yang lalu. Puasa Asyura 10 Muharram ini jatuh bertepatan dengan 10 September 2019.

Adapun Bulan Muharram itu merupakan salah satu bulan istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan dan ibadah. 

Sebelum melaksanakan puasa Asyura, umat Islam dianjurkan untuk puasa Tasu’a atau puasa di hari ke-9 Muharram. Hal ini untuk menyelisihi dengan kaum Yahudi saat Nabi hijrah ke Yatsrib yang kemudian diubah namanya menjadi Madinah Al Munawaroh.
Selain Pahalanya yang besar ternyata beberapa ilmuan mengemukakan puasa asyuro juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh : 

1. Dapat menghilangkan racun didalam tubuh

2. Dapat menurunkan berat badan 

3. Sistem pencernaan dalam tubuh lebih ancar

4. Mental tubuh menjadi lebih jernih

5. Tubuh menjadi terasa ringan

6. Puasa asyuro setara dengan puasa 1 tahun 

Subhanallah ternyata banyak sekali manfaat dari puasa asyuro ini, rugi sekali rasanya jika kita mengabaikan puasa asyuro , setiap yang allah perintahkan pasti mengandung banyak kebaikan dan pada hakikatnya manusia diciptakan untuk beribadah kepada-Nya

Yuu kita laksanakan puasa asyuro ini, selagi kita masih dikasih kesempatan usia untuk melaksanakannya

Siti Masruroh

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *